Mobil Sulit Distarter, Kenali Biang Keroknya

Mobil Susah Distarter, Kenali Biang Keroknya - Pada umumnya diantara pemilik kendaraan pasti pernah mengalami masalah sulit menghidupkan mesin mobil. Mobil susah di starter ini biasanya terjadi pada pagi hari. Bisa jadi masalah ini terjadi pada mesin bensin yang masih menggunakan sistem karburator.

Dikutip dari laman viva, tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada mesin diesel maupun mesin bensin injeksi. Berikut ini hal-hal yang kerap menjadi penyebabnya, seperti yang berhasil dirangkum, AstraWorld, Rabu 30 Desember 2015:

Pompa bensin lemah

Pompa bensin bertugas memompa bensin dari tangki menuju karburator. Jika pompa ini sudah lemah akibatnya aliran bensin tidak lancar, sehingga menyebabkan mesin mobil sulit di-starter. Jika pompa bensin sudah lemah atau bahkan mati, solusinya Anda harus menggantinya.

Namun, ada sebuah trik untuk mengatasinya. Ketika kunci kontak pada posisi “on” namun pompa bensin tidak berbunyi, berilah pukulan ringan beberapa kali. Biasanya pompa bensin akan hidup kembali.

WTS bermasalah

Ini terjadi pada mobil dengan sistem injeksi. WTS merupakan sebuah sensor suhu yang akan mendeteksi kondisi, atau suhu mesin. Jika WTS bermasalah, akan memengarui sistem injeksi pada mobil tersebut yang berujung mobil susah hidup.

Busi mobil bermasalah

Jika busi mesin mobil bermasalah, hal ini juga akan membuat mobil Anda menjadi sulit di starter. Masalah pada busi mobil bisa saja busi terlalu kotor, celah terlalu besar, atau juga celah yang terlalu rapat.

Untuk mengeceknya, Anda harus mengecek kondisi busi dengan cara melepasnya terlebih dahulu. Sementara itu, untuk ukuran celah busi, Anda harus mengukurnya dengan menggunakan feller gauge.

Tegangan aki tidak memadai

Jika saat di-start Anda mendengar bunyi motor starter (dinamo start) terasa berat untuk berputar, kemungkinan besar penyebabnya adalah tegangan listrik pada aki kurang kuat untuk memutar dinamo start tersebut.

Untuk memastikan, Anda dapat mengukurnya dengan memanfaatkan multi meter atau volt meter. Hal ini biasanya, karena usia pakai aki yang sudah cukup lama, atau sistem pengecasan dan kelistrikan aki yang kurang baik. Jika hal ini menimpa Anda, mobil masih bisa dinyalakan sementara dengan cara didorong.
    Blogger Comment
    Facebook Comment
 
Copyright © Ojo Tunda - All Rights Reserved
Created by ThemeXpose